Lumpia Mbak Lien Semarang, Enaknya Bikin Kangen

Lumpia Mbak Lien Semarang

Semarang pantas disebut sebagai kota lumpia karena makanan telah menjadi ciri khasnya. Di Semarang, ada lumpia yang cukup terkenal, bernama Lumpia Mbak Lien. Lumpia Mbak Lien dulu dikenal sebagai Loenpia, bukan sebagai lumpia. Karena bahasa Indonesia semakin sering digunakan, nama loenpia sulit untuk dieja, membuat ejaan lumpia mudah digunakan.

Rasa Lumpia Mbak Lien benar-benar sangat otentik dan sangat eksklusif untuk Semarang. Lokasi ini sangat mudah dijangkau karena terletak di pusat kota Semarang, tepatnya di Jalan Pemuda, di seberang Sri Ratu, di sebuah gang bernama Gang Grajen. Selain itu, Anda juga bisa datang ke Jalan Pendanaran karena Anda baru saja membuka cabang.

Nah, mengapa Anda bisa mengatakan bahwa rasa lumpia itu asli? Karena usia Lumpia Mbak Lien tidak muda. Saat ini, lumpia di Jalan Pemuda memiliki empat generasi. Sudah tua kan? Namun, rasa kelumpuhannya tetap sama dari waktu ke waktu. Saat ini, lumpia ini dikelola oleh putra dan putri Lien. Seperti perasaan lumpia, ia telah menjadi warisan leluhur dan harus dilestarikan agar lebih historis.

Fitur paling khas Lumpia Mbak Lien adalah rebung yang tidak berbau. Bagaimana itu bisa terjadi? Rebung sudah diolah melalui proses yang panjang sehingga aroma rebung tidak ada. Prosesnya juga termasuk mencuci yang sangat bersih. Selain itu, spring roll liner yang digunakan bukan spring roll liner biasa. Kulit lumpia dibuat sendiri dengan tepung khusus. Sementara itu, isiannya juga menggunakan ayam dan udang yang dicampur telur. Campuran isi dikombinasikan lagi dengan bumbu lainnya.

Oleh karena itu, rasa lumpia sangat khas dan bukan lumpia lainnya. Rasanya bahkan lebih unik karena kombinasi masakan Jawa dan Cina. Semarang memiliki rasa dapur yang manis, sehingga kesan rasa manis dan asin membuatnya semakin merindukan Semarang. Setiap orang yang datang ke Semarang mencari lumpia asli.

Lumpia Mbak Lien terdiri dari dua jenis, yaitu lumpia basah dan lumpia goreng. Lumpia basah memiliki kulit putih karena tidak digoreng, sedangkan lumpia goreng berwarna coklat. Lumpia basah terasa lebih enak karena isinya tidak tercampur dengan minyak. Agak manis dengan telur dan rebung. Anda juga dapat memilih jenis lumpia sesuai isinya, ada lumpia seafood asli dengan isian kepiting, lumpia vegetarian dengan jamur, dan lumpia barat dengan isian mozzarella, daging asap, dan nugget. Anda dapat membeli sesuai dengan selera favorit Anda dalam bahasa Anda. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp. 14.000 hingga Rp. 23.000.

Lumpia Mbak Lien dijual di gang, tetapi semua proses pembuatan benar-benar memprioritaskan pembersihan. Di mulut gang, ada sebuah kedai kecil yang berfungsi untuk menghilangkan lumpia. Di toko ini, lumpia yang dijual hanyalah variasi rasa asli. Jika Anda ingin mencoba sensasi rasa lain, Anda harus makan lumpia di kafe di ujung gang. Kafe itu dibangun dengan konsep bangunan masa lalu. Di sini Anda juga dapat membeli oleh-oleh khas Semarang.

Selain lumpia, Anda akan mendapatkan nampan berisi variasi saus lumpia. Ada saus widjo (dengan rasa manis karena campuran kecap, bawang putih, dan kanji), saus mustard, dan acar bawang. Ada juga bawang, cabai rawit hijau, kecap asin, dan acar untuk menambah kenikmatan makan lumpia. Anda juga dapat menikmati beragam minuman, seperti teh, kopi, espresso, cokelat, dan minuman dingin lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *