Tips Naik Kapal Laut Bagi Traveller Pemula

Kapal ferry masih jadi transportasi favorite warga Indonesia. Kenyataannya, ada seputar 21 juta penumpang kapal setiap tahun berdasar data BPS tahun 2017. Jumlahnya ini kemungkinan selalu bertambah dengan terus perkembangan infastruktur pelabuhan serta servicenya.

Tetapi, sering kecelakaan kapal berlangsung seperti yang menerpa KM Ramos Rosma Maris yang terbenam di Danau Toba pada 2018 kemarin. Hal itu memunculkan kekhawatiran buat penumpang kapal yang akan melancong dengan kapal ferry. Ada unsur khusus yang dapat membuat kecelakaan kapal, contohnya saja seperti kelebihan penumpang. Tetapi, jangan cemas, Anda akan aman ada di kapal bila memerhatikan beberapa hal seperti berikut.

  • Lihat Keadaan Kapal, Apa Kelihatan Aman untuk Berlayar?

Sebelum naiki kapal, lihatlah keadaan kapal. Bila kapal kelihatan penuh dengan barang, penumpang, serta kendaraan, tanyakanlah pada petugas apa kapal betul-betul wajar untuk berlayar. Bila kapal kelihatan oleng waktu menepi di dermaga, lebih bagus Anda tidak menaikinya untuk keselamatan Anda.

  • Tahu Siapa Pemilik Kapal atau Operator Ferry

Sebelum putuskan untuk berlayar, Anda dapat memeriksa perusahaan pemilik atau penyuplai kapal lewat internet. Perusahaan yang baik umumnya mempunyai info transparan di internet, mempunyai profile perusahaan, agenda kapal ferry, serta lain-lainnya. Selain itu, hindarilah kapal yang tidak mempunyai data jelas.

  • Pastikan Terdapatnya Pelampung

Hal yang dapat Anda kerjakan untuk mengecek keamanan dengan pastikan tersedianya pelampung. Pelampung ini berperan jadi alat keselamatan genting bila berlangsung permasalahan pada kapal. Jumlahnya pelampung sendiri harus sesuai standard Konvensi Internasional untuk Keselamatan Penumpang di Laut atau SOLAS.

  • Pastikan Terdapatnya Sekoci

Sudah pernahkah memikirkan bagaimana bila kapal terbenam? Jika pernah lihat film Titanic, penumpang akan dibawa dengan kapal kecil atau sekoci. Sekoci atau perahu kecil ini juga sebaiknya terpasang di dua bagian lambung kapal yang akan Anda tumpangi. Tersedianya sekoci harus dapat manmpung keseluruhnya penumpang serta memiliki life-raft untuk awak kapal dengan kemampuan 25-30 % dari jumlahnya penumpang.

  • Bawa Obat Mabuk Laut

Bawa obat mabuk laut untuk berjaga-jaga. Bila tidak terlatih naiki kapal atau keadaan fisik sedang lemah, pergerakan kapal waktu berlayar dapat membuat Anda mual. Obat mabuk laut akan membuat Anda jauh bertambah nyaman saat berlayar serta dapat membuat Anda tertidur.

Kami alami begitu ada banyak ketidaknyamanan dalam pembelian ticket kapal dari service yang tidak ramah harus pesan langsung di pelabuhan harga yang dapat naik dengan mendadak sampai keamanan yang tidak terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *